BeritaNUPAC Kota

Sholawat Bersama Gandrung Nabi, MWCNU Kecamatan Purworejo Tutup Rangkaian Hari Santri

Puncak Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2023 digelar di Alun-Alun Cangkrep Lor, Halaman Kecamatan Purworejo pada 15 November 2023. Ketua Tanfidziyah Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Purworejo, H Muhammad Haekal, menyatakan bahwa kegiatan ini menandai akhir rangkaian acara yang bertujuan memeriahkan HSN.

“Untuk menyampaikan pesan kuat kepada masyarakat di Kecamatan Purworejo dan sekitarnya, kami mencoba membangkitkan semangat resolusi jihad yang diperkenalkan oleh Hadlaratul Syaikh KH. Hasyim Asy’ari melalui serangkaian kegiatan, mulai dari bakti sosial hingga malam ini dengan solawatan untuk peneguhan spiritual,” ujarnya kepada NU Online Jateng pada 15 November 2023.

Haekal menjelaskan rangkaian kegiatan HSN tahun 2023, dimulai dengan pembacaan sholawat nariyah sebanyak 1 juta kali pada tanggal 21 Oktober, sesuai instruksi PBNU. Kegiatan selanjutnya melibatkan apel HSN baik secara virtual mengikuti siaran langsung dari Surabaya maupun di Alun-Alun Kabupaten Purworejo secara langsung.

Selain itu, terdapat kegiatan bakti sosial berupa distribusi air bersih kepada masyarakat terdampak kekeringan di area Kecamatan Purworejo, expo UMKM dengan puluhan pelaku ekonomi, Lomba Mewarnai dan Kaligrafi untuk TK/RA dan SD/MI yang diikuti oleh 476 peserta. Puncak acara dilaksanakan oleh MWCNU & PAC GP Ansor Kecamatan Purworejo bersamaan dengan puncak Perayaan HSN pada Rabu (15 November 2023).

Puluh ribu masyarakat diperkirakan memadati lokasi Alun-Alun Cangkrep Lor Purworejo saat perayaan HSN. Acara semakin meriah dengan lantunan sholawat yang dipimpin oleh K Zaman Asekhal dan Majelis Sholawat Gandrung Nabi, serta tausiyah dari KHRS Hasan Agil Ba’bud. Meskipun hujan deras turun, antusiasme jamaah tetap tinggi.

“Kami ingin menyampaikan pesan bahwa semangat resolusi jihad harus terus dijaga, menjaga kebaikan yang ada, dan beradaptasi dengan perkembangan zaman. Melalui rangkaian kegiatan ini, kami ingin menyampaikan bahwa generasi muda NU siap bersinergi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak serta mengambil peran dalam memajukan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tutup Haekal.

Ketua PAC GP Ansor Purworejo, M Abdul Chamid, menyatakan rasa syukur meski persiapan kegiatan ini dilakukan dalam waktu singkat, kurang dari tiga pekan, namun acara dapat berjalan dengan baik dan dihadiri oleh jamaah yang sangat antusias.

Dalam kesempatan yang sama, Camat Purworejo, Adi Pawoko S STP, mengapresiasi kegiatan Peringatan HSN yang pertama kalinya di Kecamatan Purworejo dan bagaimana panitia bersiap dengan cepat. Adi berharap kegiatan expo bazzar dan perlombaan dapat meningkatkan penghasilan UMKM serta menciptakan generasi prestasi di Kecamatan Purworejo.

“Event ini sangat bagus, semoga bisa menjadi agenda rutin tahunan dengan inspirasi dan kegiatan kreatif lainnya,” tutup Adi.

Alhamdulillah Saya ber NU
NU Gebang Salurkan Bantuan Ribuan Liter Air Bersih untuk Warga Nahdliyyin di Desa Winong Kidul dan Mlaran

Cabang

Ancab

Kabar NU

Mungkin Kamu Suka