PAC Bruno

Wisata Rohani sebagai Wujud Sinergi antara PAC GP Ansor Bruno dengan Keluarga Besar Cafe & Resto Idum Iyub

Purworejo, 5 Juli 2023 – Pada Hari Rabu Pahing, Keluarga Besar Cafe & Resto Idum Iyub menggandeng Pengurus Harian PAC GP Ansor Kecamatan Bruno serta beberapa Kader Ansor Banser melaksanakan kegiatan Ziarah waliyullah dan Ulama di beberapa tempat yang penuh keberkahan di Purworejo, Magelang, dan Yogyakarta. Acara yang dimulai pukul 16.00 waktu setempat ini dihadiri oleh banyak orang, termasuk Pembina Ansor PAC GP Bruno, Kyai Ahmad Afif, dan Kyai Muhamad Warosun.

Foto Pengurus PAC GP Ansor Bruno Beserta Keluarga Besar Cafe & Resto Idum Iyub

Dalam acara ziarah ini, rombongan terlebih dahulu mengunjungi makam leluhur dari Mas Lanthip yaitu Almarhum Pak Mino di Pangempon Bruno, Purworejo. Makam ini memiliki makna yang sangat penting bagi keluarga Cafe & Resto Idum Iyub karena almarhum Pak Mino merupakan salah satu leluhur dari owner dan pemilik restoran terkenal tersebut.

Foto Ziarah Makam almarhum Pak Mino di Pangempon

Selanjutnya, rombongan melanjutkan perjalanan ke Makam Mbah Karangmalang, Bruno, Purworejo. Tokoh pejuang yang bernama asli Alhabib Abdulloh bin Abdurrahman bermarga Al-aydrus ini dikenal sebagai ulama pejuang yang memiliki kedudukan yang sangat dihormati di daerah tersebut. Kehadiran rombongan dalam ziarah ini sebagai wujud penghormatan dan mengenang jasa-jasanya.

Ziarah di Makam alhabib Abdulloh bin Abdurrohman Al-aydrus (Mbah Karangmalang)

Tak hanya itu, ziarah juga dilanjutkan ke Makam Mbah Imam Rofi’i di Loning, Purworejo. Mbah Imam Rofi’i dikenal sebagai Tuan Guru serta sosok yang telah berjasa dalam penyebaran agama Islam di Purworejo dan sekitarnya. Rombongan menyampaikan doa dan penghormatan kepada ulama yang telah berjasa bagi masyarakat setempat.

Ziarah di Makam Mbah Imam Rofi’i Tuan Guru Loning dan Makam Mbah KH Zarkasyi Bulus

Setelah mengunjungi Purworejo, rombongan menuju Yogyakarta untuk melanjutkan ziarahnya. Di Yogyakarta, rombongan mengunjungi beberapa makam waliyullah dan ulama terkenal. Antara lain, Makam Syeh Maulana Maghribi dan Syeh Bela Belu di Parangtritis yang terkenal Selain wisata pantainya juga terkenal dengan pesona spiritualitasnya. Rombongan memanjatkan doa dan berziarah di tempat yang dikeramatkan tersebut.

 

Makam Syeh Maulana Maghribi Parangtritis Yogyakarta

Selanjutnya, rombongan melanjutkan perjalanan ke Makam Mbah Nur Iman di Mlangi, Yogyakarta. Mbah Nur Iman dikenal sebagai ulama yang memiliki pengaruh besar dalam perkembangan agama Islam di wilayah tersebut. Keberadaan makam ini menjadi tempat bagi umat muslim setempat untuk berdoa dan ngalap barokah.

Ziarah di Makam Mbah Nur Iman Mlangi

Perjalanan ziarah keluarga Cafe & Resto Idum Iyub dan pengurus GP Ansor Bruno tidak berhenti di situ. Mereka juga mengunjungi Makam Mbah KH Ahmad Abdul Haq dan Makam Mbah KH Dalhar di Gunungpring, Magelang. Kedua makam ini merupakan tempat bersejarah yang terkenal karena keberkahannya di Jamaah Nahdiyin secara luas.

        Ziarah di Makam Mbah Ahmad Abdul Haq dan Makam Mbah KH. Dalhar di Gunungpring Magelang

Terakhir, rombongan mengunjungi Makam Mbah KH Nur Muhammad di Ngadiwongso, Salaman, Magelang. Mbah KH Nur Muhammad dikenal sebagai sosok ulama yang mendedikasikan hidupnya untuk agama Islam dan kesejahteraan masyarakat. Ziarah di makam ini menjadi momen yang sarat makna dan nilai-nilai keagamaan.

Ziarah di Makam Mbah KH Nur Muhammad di Ngadiwongso, Magelang

Kegiatan ziarah waliyullah dan ulama ini menjadi bukti nyata kecintaan dan penghormatan keluarga Cafe & Resto Idum Iyub serta pengurus GP Ansor Bruno terhadap leluhur dan tokoh-tokoh agama yang telah berjuang demi kemajuan umat dan masyarakat. Semoga perjalanan ziarah ini membawa berkah dan kebaikan bagi mereka serta meningkatkan keimanan dan kebersamaan di antara semua peserta yang hadir.

 

Dokumentasi :
Sahabat Nasirudin Syafi’i, S.Pd (Sekretaris Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Bruno)

Tags: , , , , , , , , ,
PAC GP ANSOR Gebang Gelar Pendidikan Kader Dasar (PKD) 2023
Di rumah mengajarlah!

Cabang

Ancab

Kabar NU

Mungkin Kamu Suka