Melakukan distribusi puluhan ribu bantuan bukanlah perkara yang sederhana. Apalagi yang didistribusikan tidak melulu barang yang sudah siap langsung diantar. Beberapa memberikan amanah dalam bentuk uang yang masih harus dibelanjakan agar lebih tepat sasaran. Untungnya Ansor-Banser Purworejo memiliki unit usaha Konco Ritel yang sudah teruji dan profesional dalam bidang perekonomian. Tidak hanya Profesional, karena lahir dari rahim Ansor, tentu semangat berbagi dan bermanfaatnya untuk masyarakatnya luar biasa.

“Dalam mendistribusikan bantuan kita juga harus punya idealisme. Artinya tidak asal-asalan menampung atau menyalurkan. Sebab itu saya di Ansor yang kebetulan bergerak di bidang perekonomian mengajak teman-teman untuk totalitas membantu program sosial. Salah satu hal yang paling sederhana adalah dengan membelanjakannya sendiri”, terang Agil ketua PC GP Ansor Purworejo bidang Perekonomian.

Masih menurut Agil, dengan membelanjakannya sendiri Ansor-Banser punya keuntungan dengan harga yang lebih murah dan yang kedua bisa benar-benar dibelanjakan sesuai kebutuhan.

“Pertama, kalau belanja sendiri jelas lebih murah karena kita memang bergerak di bidang grosir bahan-bahan pokok. Hasilnya bisa berlipat sehingga penerima bantuan jadi lebih banyak. Yang kedua, kita bisa benar-benar membelanjakan barang yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat lokal. Kadang kan kebutuhannya beda-beda. Jaringan Ansor-Banser yang sampai tingkat desa sangat membantu dalam hal memberikan masukan kepada kita”, lanjut Agil.

Ditengah pandemi Covid-19 ini sendiri Ansor-Banser Purworejo setidaknya telah distribusikan sebanyak 13.323 paket sembako.

“Tiga belas ribuan paket bukan angka yang kecil. Bahkan kadang kami mesti lembur hingga jelang subuh untuk lakukan packing. Itupun setelah di packing langsung diteruskan dan didistribusikan oleh sahabat-sahabat yang lain. Kuncinya adalah kekompakan sahabat Ansor dan Banser di Kabupaten Purworejo dan keyakinan berjuang di Ansor pasti ada saja jalan untuk bisa mengaabdi pada masyarakat dan lingkungan”, terang Hari Raharjo, Komandan Banser Kabupaten Purworejo.

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here