Berita

Ranting Ansor Dadirejo Adakan Panen Raya Untuk Wujudkan Kemandirian Ekonomi

Ranting Ansor Desa Dadirejo, Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo mengadakan panen raya pada Hari Minggu (14/3) di areal persawahan Desa Dadirejo. Lahan sawah yang diolah kader Ansor Banser ini disewa dari Pemerintah Desa Dadirejo.

Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Bagelen, sahabat Khanifudin Muhammad Diyanto menuturkan bahwa kegiatan seperti ini termasuk kegiatan pemberdayaan kader di bidang ekonomi.

“Potensi gerakan Ansor tidak hanya secara langsung di bidang yang agamis, tapi juga di berbagai sektor lain misalnya saja sektor Ekonomi. Kegiatan ini sangat dibutuhkan untuk memberdayakan kader yang mempunyai kemampuan dan minat di bidang ekonomi”, terang Dian.

Masih menurutnya, hasil dari pengolahan sawah ini juga bisa digunakan kembali untuk meningkatkan ekonomi kader dan juga untuk membiayai kegiatan-kegiatan Ansor.

“Selain untuk meningkatkan ekonomi, hasil panen juga bisa digunakan untuk berdakwah. Jadi, bangkit ekonominya juga bangkit gerakan Ansornya”, lanjut Dian

Sementara itu, Ketua Ranting Dadirejo, sahabat Nasichin menuturkan bahwa kader Ansor Banser Dadirejo melakukan pengolahan di dua lokasi sawah di Desa Dadirejo.

“Sawah yang kami kelola ada di dua lokasi, yang pertama di sewa oleh Dewan Masjid kemudian menggandeng Ansor Banser untuk mengelola, yang satunya kami sewa sendiri. Satu lokasi luasnya sekitar 1600 meter persegi”, terang Nasichin.

“Sejauh ini kami sudah melakukan panen sebanyak 3 kali. Untuk sawahnya ada yang sudah dua tahunan kami sewa, dan ada yang baru satu tahunan”, tambahnya.

Sekretaris PC GP Ansor Kabupaten Purworejo, H. Tashilul Manasik menuturkan bahwa PC sangat mengapresiasi kegiatan ekonomi seperti ini.

“Ansor harus ikut serta dalam memastikan ketahanan pangan, bukan sekedar cukup tapi harus bisa menyajikan padi-padi yang baik dan berkualitas”

Menurutnya Ranting Ansor dari Kecamatan Lain bisa melakukan kegiatan serupa dan saling bertukar pengalaman.

“Kegiatan yang sangat baik ini bisa dicontoh oleh ranting-ranting lain, akan sangat bagus jika ranting lain mau sekedar ngopi study banding ke Dadirejo, atau sebaliknya Dadirejo juga belajar sesuatu dari ranting yang lain. Setiap ranting kadang mempunyai kelebihan masing-masing”, terangnya.

Acara panen raya ini di hadiri oleh jajaran Pengurus PC GP Ansor Purworejo. Selain H. Tashilul Manasik, hadir juga Wakil Ketua PC GP Ansor Bidang Ekonomi, sahabat Agil Wagiyono, Wakil Ketua Bidang Seni Budaya, sahabat Miftahuzzaman, dan jajaran pengurus PC seperti sahabat Agus Prayitno, sahabat Khotim dan sahabat Muhsin. Hadir pula ketua MWC NU Kecamatan Bagelen, K. Waji Rohman.

“MWC NU sangat mengapresiasi kegiatan ini. Kader-kader tampak bersemangat dan kompak. Jika pemudanya memiliki ghirroh seperti ini, kedepan NU nya juga pasti akan kuat”, terang Kyai Waji.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

To Top