Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita

Pengurus PC Muslimat NU Purworejo Periode 2021-2026 Dilantik

PURWOREJO, ansorpurworejo.org – Pimpinan Cabang (PC) Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Purworejo, menggelar pengajian akbar dengan mengundang Wakil Gubernur Jawa Tengah, H. Taj Yasin Maimoen, sebagai penceramah atau pengisi pengajian di Gedung Olah Raga (GOR) Sarwo Edhie Wibowo Purworejo, Rabu (01/06/2022).

Pengajian akbar itu digelar dalam rangka memperingati Hari Lahir Muslimat NU ke-76 dan pelantikan PC Muslimat NU Kabupaten Purworejo periode 2021-2026. Kegiatan yang menjadi puncak acara Hari Lahir Muslimat itu juga diisi dengan santunan anak yatim, vaksinasi 1,2 dan boster, pengobatan gratis serta bazar UMKM.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Purworejo, Yuli Hastuti dan dihadiri ribuan Muslimat NU Purworejo serta tamu undangan lainnya.

“Pengajian akbar digelar dalam rangka memperingati Hari Lahir Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) yang ke-76, dan hari sosial Muslimat Kabupaten Purworejo yang kemudian di jadikan satu dengan pelantikan PC Muslimat NU Kabupaten Purworejo, beserta perangkat- perangkatnya,” kata Ketua Panitia kegiatan, Hj. Rr. Siti Tafrijiyah Haikal.
Dijelaskan, bahwa perangkat Muslimat NU itu ada 6, yaitu Yayasan Pendidilan Muslimat NU (YPM), Yayasan kesejahteraan Muslimat (YKM) NU, Yayasan Haji Muslimat (YHM) NU, Himpunan Daiyah dan Majelis Talim (Hidmat) Muslimat NU, koperasi Anisa.

“Ini juga ada yang baru dibentuk adalah Forum Silaturohmi Hafidhoh Huslimat NU,” ungkap Siti saat ditemui usai kegiatan.
Dikatakan, kegiatan itu merupakan puncak acara Hari Lahir Muslimat NU ke-76, sebelumnya mereka sudah menggelar beberapa acara lain, di antaranya safari KB dibulan Februari 2022, lalu karena bulan Maret dan April adalah masa ramadhan maka lanjutkan setelah Syawal yaitu dengan kegiatan penanaman pohon bekerjasama dengan pensiunan Perhutani Kabupaten Purworejo.

“Pada halal bihalal dan pertemuan PC dan PAC Muslimat NU se Kabupaten Purworejo, di Bayan kemarin kami juga menggelar vaksin 1,2, dan boster tahap 1, kita bekerjasama dengan DKT Purworejo. Dan hari ini kami juga menggelar kembali vaksinasi yang sama 1, 2 dan boster, masih dengan DKT Purworejo untuk menjaring yang kemarin belum sempat hadir atau mungkin kondisi badan belum memungkinkan untuk divaksin sehingga kami buka kembali hari ini,” ungkapnya.
Lanjutnya, selain dari DKT ada juga bantuan dari Pemda Purworejo berupa pengobatan gratis dan cek kesehatan yang dibantu juga oleh LazizNu, yaitu lembaga NU yang bergerak dibidang kesehatan.

“Dan nanti sesudah Harlah ini akan dilanjutkan lagi penanaman pohon kembali yaitu di pasar Purwodadi dan juga kami bagi- bagikan diseluruh PAC 16 Kecamatan se Kabupaten Purworejo. Ada 150 pohon yang kita tanam, yang sudah ditanam baru 15 pohon di pasar Purworejo, sisanya nanti ditanam di pasar Purwodadi dan dibagikan ke PAC yang daerahnya rawan longsor. Adapun jenis pohonnya adalah salam dan pohon ketapang mini,” jelasnya.
Lebih lanjutnya disampaikan, untuk Pengurus Pimpinan Cabang yang dilantik ada sebanyak 35 orang ditambah dengan perangkat- perangkatnya, yang jika ditotal pengurus yang dilantik dihari itu semuan pengurus berjumlah 72 orang.

“Kegiatan muslimat NU itu banyak sekali bukan hanya dibidang keagamaan saja, selama ini masyarakat lebih mengenal muslimat itu dengan kegiatan pengajian saja tapi sebenarnya kita juga bergerak dibidang pendidikan, kesehatan dan sosial. Kita juga punya TK/RA yang ada dibawah naungan Yayasan pendidikan muslimat, brand nama TK/RA muslimat itu adalah Masyitoh. Jadi ketika ada nama Masyitoh itu melekat dengan muslimat NU,” ujarnya.
Sementara itu, Pimpinan Cabang Muslimat Kabupaten Purworejo, Hj. DF. Maslichati Madhan Anies, yang dilantik dalam periode ke empat kedepan, menghimbau kepada Muslimat mulai dari ranting sampai kabupaten bahwa Muslimat memiliki tujuan adalah untuk ajang bersilatutohim, kedua sebagai ajang berkomunikasi yang ketiga adalah ajang untuk bersodaqoh, yang keempat adalah untuk pencapaian segala untuk yang ditantang oleh dunia dan akherat karena manusia hidup tidak hanya didunia namun juga di akhirat maka akhiratpun juga harus dicapai.

“Tujuan kita untuk membina semua masyarakat yang ada. Berorganisasi itu jangan setengah tengah, bahwa berorganisasi itu harus ada rasa senang dihati jangan dijadikan beban tapi marilah kita jadikan untuk kita likalimatillah, yang pokok itu. Dengan bergabung di Muslimat NU semoga kita tergolong orang- orang yang dimulyakan oleh Allah, mulai dari dunia sampai akhirat karena kita ada gendolane alim ulama,” katanya.
Diungkapkan, adapun program khusus ada dan akan terus digalakkan diantara dibidang kesehatan yaitu membina anak- anak TK/RA, bidang kesehatan, dan perekonomian.

“Kita ada hidmad, koperasi kita sudah berjalan walaupun belum semegah koperasi lain namun dari pengurus ranting hingga kabupaten insyallah sudah bisa untuk penghasilan keluarga. Harapanya muslimat selalu eksis, jaya dan diberikan keikhlasan,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like

Berita

KEMIRI, ansorpurworejo.org – Satkoryon Banser Kemiri gelar kegiatan selapanan rutin malam kamis kliwon, dirumah sahabat Banser Syarifudin Desa Girijoyo, Rabu,26/08/2020. Hadir dalam kesempatan ini Pimpinan...

Artikel

Salah satu shalat sunnah yang dianjurkan oleh para ulama kita adalah shalat tasbih. Dinamakan demikian karena di dalam shalat tersebut banyak dibaca tasbih. Sebagian...

Artikel

Organisasi adalah Sekumpulan orang yang mempunyai tujuan besar yang sama. Keberhasilan sebuah Organisasi salah satunya ditentukan oleh kepemimpinan,artinya faktor , syarat , unsur ,...

Berita

Sinergi GP Ansor Purworejo dan DrW Peduli dalam bidang sosial dan kemanusiaan. Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda (PC GP) Ansor Kabupaten Purworejo Jawa Tengah terus...