Berita

Menjaga Nilai Aswaja, MDSRA PAC Kota Purworejo Adakan Ziarah Auliya di Purworejo

Purworejo (ansorpurworejo.org) – Guna menjaga tradisi yang telah lama mengakar erat dalam masyarakat muslim di Indonesia, khususnya di lingkungan kaum Nahdhatul Ulama.

Pada Sabtu, 27/03/2021,Pengurus Majelis Dzikir dan Solawat Rijalalul Ansor (MDS RA) Kecamatan Purworejo melaksanakan ziarah Auliya dan Ulama di Kecamatan Purworejo. Diantara makan yang diziarahi yakni, Makam Habib Dahlan Kauman, KHR Sulaiman Zuhdi Sindurjan, KHR Imam Puro, KHR Gagak Pranolo II, KH Zakaria Plaosan.

Kepada tim ansorpurworejo.org, bahwa ziarah yang biasanya menggunakan kendaraan roda empat, namun Pengurus PAC Ansor Kota Purworejo ini memilih menggunakan roda dua guna memudahkan akses jalannya.

Dalam ziarah ini juga diikuti pengurus dari ranting-ranting Ansor Kecamatan Purworejo. Acara dimulai pada pukul 13.30 wib, dengan tujuan pertama makam Habib Dahlan Ba’bud Kauman, dan berakhir di makam KH Zakaria Plaosan. Acara ziarah auliya tersebut diakhiri dengan makan bersama dan sosialisasi dari PC GP Ansor Kabupaten Purworejo.

Tujuan kegiatan ini dilakukan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1442 H, sekaligus sebagai wujud merawat nilai-nilai Aswaja di kalangan kader Ansor, serta sebagai upaya menjalin silaturahim di antara kader-kader Ansor di Kecamatan Purworejo.

Ziarah ini dipimpin oleh K Nailul Kamal yang juga sebagai pengurus MDS RA PAC Purworejo. Pada kesempatan tersebut juga hadir Sekertaris PC GP Ansor Purworejo, H. M. Tashilul Manasik, Ketua PAC Purworejo, M. Imam Jauhari beserta jajarannya.

“Tujuan daripada kegiatan ini adalah sebagai upaya merawat nilai-nilai Aswaja khususnya di kalangan kader Ansor Kecamatan Purworejo. Napak tilas atas perjuangan para Ulama, sekaligus mengenalkan kepada kader Ansor Kecamatan Purworejo, para Ulama-ulama berpengaruh di Kecamatan Purworejo. Acara ini juga sebagai wujud menyambut bulan suci Ramadhan,” ujar M. Zulfikar selaku Ketua Pelaksana Ziarah Aulia dan Ulama ini.

Menurut Zulfikar, kegiatan ini nantinya akan menjadi program tahunan MDS RA setiap akan menyambut bulan suci Ramadhan. Harapannya, dengan diadakannya ziarah ini, menambah kecintaan para Kader terhadap Ulama yang telah wafat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

To Top