Organisasi adalah Sekumpulan orang yang mempunyai tujuan besar yang sama. Keberhasilan sebuah Organisasi salah satunya ditentukan oleh kepemimpinan,
artinya faktor , syarat , unsur , karakter yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Organisasi yang baik akan melahirkan pemimpin pemimpin terbaik. Pemimpin yang baik akan membawa kemajuan organisasi yang dipimpinya. Jadi , antara kepemimpinan , pemimpin dan organisasi , ketiganya saling melengkapi dan tidaklah bisa dipisahkan

Maju mundurnya sebuah organisasi tergantung pada seorang leader (pemimpin) dalam menata dan mengelolanya. Sebesar apapun organisasi tidak akan bisa maju dan berkembang jika sang pemimpinnya tidak memenuhi syarat dan kriteria. Dengan kata lain kepemimpinan akan menjadi penentu dalam sebuah organisasi, demikian ungkap M. Haekal, Ketua GP Ansor Purworejo masa khidmah 2016-2019 di kegiatan Latihan Kepemimpinan Dasar (LKD) Zona 2 yang meliputi Bagelen, Purwodadi, Ngombol dan Banyuurip.

Materi Leadership dan Organisation menjadikan materi penutup dalam LKD yang diselenggarakan PC Fatayat NU Purworejo selama 2 hari tanggal 28-29 Desember 2019 bertempat di Komplek Kantor Terpadu MWC NU Purwodadi.

Haekal menjelaskan bahwa seorang pemimpin harus bisa menjalankan fungsi dan tugasnya yang tergabung 5M yaitu mengetahui, ( analisa masalah yang muncul dalam organisasi dan bagaimana mencari solusi yang bisa diterima semua pihak), mengarahkan (mengarahkan anggota untuk menjalankan amanah organisasi sesuai aturan baik yang tertulis dalam AD/RT ataupun kesepakatan bersama) , membimbing (mengajak anggota untuk menjalankan roda organisasi sesuai tupoksi masing masing) , membina (melakukan pembinaan terhadap anggota secara kontinyuitas dan berkesinambungan sehingga terjadi sinkronisasi) dan mempelopori (menjadi pelopor dalam mengelola dan membawa perubahan organisasi yang lebih baik).

Akan tetapi , manusia bukanlah makhluk yang sempurna. Masing masing diri manusiapun mempunyai kekurangan dan kelebihan.

Indahnya sebuah organisasi itu antara lain , didalamnya saling mengisi dan melengkapi antara pimpinan dan yang di pimpinya antara sesama anggota untuk meraih tujuan cita cita bersama sama. Berorganisasi adalah belajar dan terus belajar menuju pengabdian hidup yang terbaik.

Diakhir materi, ditekan bahwa dalam sebuah organisasi yang bergerak dibidang sosial kemasyarakatan, kita dituntut untuk bekerja ikhlas tanpa mengharapkan imbalan, dengan semangat kita memberi bukan menerima, apalagi mencari . Sebagai kader Fatayat sebagai salah satu badan otonom Nahdlatul Ulama , sudah seharusnya kita memberikan yang terbaik. (goez)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here