Artikel

Bincang 1 Tahun LBH Ansor Purworejo

Lembaga Bantuan Hukum Ansor telah cukup lama berkiprah di tengah masyarakat. Begitupun, LBH PC GP Ansor Kabupaten Purworejo yang di nahkodai Sahabat Muzayyin. Berikut hasil bincang-bincang tim media Ansor dengan beliau.

Sebenarnya LBH Ansor itu bergerak di bidang apa?
LBH Ansor Purworejo dibentuk sebagai lembaga yang khusus bergerak dan berkiprah dibidang hukum, terkhusus lagi sebagai lembaga yang bergerak membantu dan mendampingi para sahabat kader Ansor, warga nahdliyin dan warga masyarakat umum yang membutuhkan konsultasi seputar permasalahan hukum, pendampingan hukum baik secara litigasi maupun non litigasi.

Selama setahun ini berapa kasus yang ditangani?
Untuk yang non litigasi sudah sangat banyak, kalau yg litigasi paling banyak di Pengadilan Agama purworejo. Kalau di total selama pertengahan tahun 2020 hingga bulan februari 2021 saat ini sudah ada sekitar 30 kasus yang ditangani.

Macam kasusnya apa saja?
Kalau yang non litigasi dan sudah terselesaikan secara mediasi dan keleluargaan antara lain kasus perselisihan kader Ansor yang merasa difitnah dan dicemarkan nama baiknya melalui medsos, kasus perselisihan antara wali siswa dengan salah satu sekolah dibawah naungan LP Maarif Purworejo, kasus kader Ansor yang menjadi korban tabrak lari oleh salah satu PO. BUS di purworejo hingga akhirnya bisa terselesaikan secara mediasi dan cairnya jasa raharja kerjasama dengan pihak unit lakalantas polres purworejo. Dan untuk yang litigasi di pengadilan agama purworejo paling banyak masih seputar gugatan perceraian dan sengketa warisan.

Pengalaman unik di LBH
Pengalaman unik selama ini yang pernah dialami antara lain ketika menangani kasus tabrak lari, dimana semula pihak po bus bertindak mengintimidasi keluarga pihak korban, bersikap garang, namun ketika dipertemukan dalam mediasi dengan didampingi oleh LBH Ansor dengan senjatanya pasal-pasal kuhp maka seketika pihak PO Bus yg tadinya berwajah garang bertekuk lutut sambil pegang lutut pihak LBH memohon ampun agar jangan sampai dibawa ke ranah pengadilan dan bersedia memenuhi tuntutan keluarga korban.

Bagaimana respon masyatakat terhadap keberadaan LBH Ansor?
Alhamdulillaah hingga saat ini respon masyarakat khususnya para kader ansor dan warga nahdliyin di Purworejo yang sudah tahu sangat merespon positip keberadaan LBH Ansor Purworejo, mereka sangat senang dengan keberadaan LBH Ansor, apalagi yang sudah pernah merasakan langsung pendampingan hukum dari LBH Ansor purworejo, karna selain “uwonge dewek” juga LBH Ansor ketika mendampingi klien tidak pernah meminta bayaran, hanya sebatas pengabdian dan apabila ada yang ngasih seikhlasnya untuk kas LBH Ansor purworejo.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

To Top